Minggu, Juni 08, 2014

Skywalk - Bridge Pedestrian

Dilingkungan dimana lalulintas kendaraan sangat padat dan dibutuhkan wilayah untuk pejalan kaki melanjutkan perjalanan, misalnya dari stasiun ke halte bus, skywalk atau juga jalan yang melayang untuk pejalan kaki merupakan solusi yang tepat dan juga memberi rasa aman serta kenudahan transportasi bagi pengguna kendaraan umum. Skywalk dalam pembangunannya mungkin akan membutuhkan dana yang tidak sedikit. Perencanaan pembangunan skywalk yang tepat pasti akan bermanfaat dan menyerap pengguna yang banyak juga, oleh karena itu skywalks akan menghasilkan pendapatan melalui ruang iklan dan membantu dalam memulihkan biaya konstruksi dan pemeliharaan. Disini memang diperlukan peranserta pemerintah dalam pengelolaan manajemen skaywalk untuk membangun dan menjaga konstruksi skywalk dalam kondisi kelayanan yang baik.



Pejalan kaki, biasanya memiliki kesulitan besar untuk dapat melalui daerah komersial. Dimana penumpang yang keluar dari stasiun kereta api memiliki waktu yang sulit mengakses daerah lain seperti halte bus, taksi dan tempat parkir, yang tersebar di seluruh kota. Membangun atau pelebaran jalan yang ada untuk memfasilitasi pejalan kaki, sangat sulit untuk dilakukan, karena biasanya daerah pinggiran jalan sudah milik pribadi dan terdapat berbagai toko, ruko, ataupun bangunan komersil lainnya.



Lebar skywalks berkisar antara 3m dan 7m, sedangkan panjangnya berkisar antara 200m dan 2.000 m. Multiple entry dan exit point yang diberikan kepada penumpang untuk menghindari kemacetan. Skywalk menjamin keamanan bagi pejalan kaki. Skywalks juga akan berfungsi sebagai tempat menunggu pada saat hujan. Sky walk harus mempunyai lantai yang anti-selip untuk mencegah terplesetnya pejalan kaki pada saat hujan.



Elevator dan pengaturan tempat duduk untuk warga senior (bapak/ibu lanjut usia) juga harus disediakan untuk kenyamanan masyarakat pengguna skywalk. Peralatan pemadam kebakaran dan layanan saluran juga disediakan di skywalk untuk keadaan darurat. Papan petunjuk jalan juga akan sangat membantu untuk memberikan bimbingan yang diperlukan untuk pengguna skywalk.

0 komentar: