Senin, Juni 02, 2014

Stadion Ramah Lingkungan


Stadion ramah lingkungan disini merupakan pemanfaatan dari sumberdaya alam yang ada untuk keberlangsungan pengelolaan stadion tersebut. Contohnya adalah Estadio Nacional de Brasilia di Brasil yang menjadi 'Net Zero Energy Stadium' pertama di dunia.

Estadio Nacional Brazil, Brazil, Brazil World Cup, World Cup Brazil, Stadiums, Brazil 2014 Stadium, World Cup 2014, T-shirt Printing, T-shirt Printing UK, T-shirt Printing London, T-shirt Printing Manchester, T-shirt Printing Liverpool, T-shirt Printing Newcastle, Promotional Clothing

Fitur yang menarik dari bangunan stadion ini, adalah pada bagian atas stadion yang didesain dengan memasang cincin panel yang menyerap tenaga surya, untuk mengumpulkan energi listrik. Dari hasil tangkapan panel tenaga surya tersebut, mampu menghasilkan tenaga listrik hingga 2,5 megawatt atau setara dengan konsumsi listrik bagi 2.000 rumah tangga setiap hari. Pada Estadio Nacional de Brasilia, tenaga listrik tersebut digunakan untuk mencukupi kebutuhan energi stadion, khusus nya untuk penerangan.


Ada juga sebuah membran photocatalytic yang dipasang pada bagian atap yang berfungsi untuk mengumpulkan polusi udara dan memecah bahan kimia untuk menghilangkan emisi karbon di udara. Air hujan di sekitar stadion juga ditampung pada suatu tempat penampungan untuk keperluan tata lingkungan, dan sekaligus dibangun suatu instalasi untuk mengalirkan air guna memenuhi kebutuhan stadion. Kebutuhan stadion yang tercukupi oleh penampungan air hujan ini antara lain untuk toilet dan kamar mandi, serta pemeliharaan lapangan. Di sekeliling stadion dan waduk tempat penampungan air hujan, juga ditanami pohon-pohon untuk menahan air.

0 komentar: